Tips Membuat Judul KTI Untuk Mahasiswi D-III Kebidanan

Pagi....
It's Sunny Day! Well, di beberapa tempat memang sudah turun hujan bahkan ada yang banjir, tapi di tempat tinggal saya mentari masih bersinar terang tak terhalang awan kelabu sedikitpun!
Oh iya, ini sudah bulan 11 ya, tidak lama lagi kita akan memasuki bulan desember, bulan akhir dari semester ganjil. Buat kalian yang kuliah di prodi D-III Kebidanan pasti sudah mulai sibuk-sibuknya praktik di RS atau tempat pelayanan kesehatan, disamping itu dosen dikampus juga pasti menyuruh kalian menyetor usulan judul buat KTI.

Nah, topik kita pagi ini adalah bagaimana cara memilih judul KTI yang baik untuk Mahasiswi khususnya D-III Kebidanan. Based on my experience, saya tidak begitu sulit dalam menyusun judul untuk KTI. Why? karena saya memahami betul kemampuan saya dan apa yang saya sukai dalam pelajaran kebidanan. saya menyukai belajar mengenai Antenatal Care, sehingga saya menyusun judul dengan materi utama mengenai Antenatal Care, selain itu saya sangat senang mengolah data menggunakan SPSS, dan kebetulan saya mempunyai aplikasi SPSS Versi 20. Lalu, saya berdasarkan praktik kerja lapangan saya mengamati hal-hal apa saja yang sering terjadi pada ibu hamil, dan yang saya dapati adalah kurangnya kunjungan ibu hamil di tempat pelayanan kesehatan, dari beberapa ibu mengatakan pelayanan kurang baik atau kurang memuaskan. Nah! Saya langsung deh buat judul "Hubungan Pelayanan Antenatal Care 10T Oleh Bidan dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di.........."
Terlihat mudah kan?
Kamu gak perlu khawatir mengenai sulitnya membuat judul. kita semua pasti pernah mendapatkan materi pembuatan judul sebelumnya kan?
Oke, untuk lebih mempermudah kalian saya akan berikan tips nya.

1. Pastikan judul kalian mempunyai Variabel Bebas dan Variabel Terikat yang kalian paham betul materi itu.
2. Kalian harus mempunyai referensi buku-buku, jurnal, dan contoh KTI senior kalian sebagai panduan dalam membuat judul maupun KTI yang baik..
3. Carilah permasalahan yang terjadi pada sisi kesehatan untuk dijadikan latar belakang pengambilan judul.
4. Pastikan kalian memahami judul yang kalian buat.
5. Pastikan kalian mengetahui bagaimana kalian akan mengambil sampel, kuesioner, hingga pengolahan data, berdasarkan judul yang kalian buat.
6. Kalian bisa membuat judul dalam bentuk deskriptif maupun analitik. Judul deskriptif cenderung untuk menggambarkan, menjabarkan fenomena yang terjadi. contoh "Gambaran pengetahuan dan sikap ibu nifas terhadap pemberian ASI Eksklusif 6 Bulan di......." , sedangkan contoh judul analitik adalah menjelaskan hubungan, variabel a mempengaruhi variabel b. contoh seperti pada judul KTI saya diatas. Jadi, jika kalian tidak begitu memahami penelitian analitik yang cenderung menggunakan SPSS, kalian bisa kok membuat penelitian deskriptif, pengolahan datanya bisa manual atau menggunakan kalkulator.
7. Lakukan pengambilan data awal, sekedar tanya-jawab singkat pada 5 orang yang menjadi sampel, untuk memastikan permasalahan yang kalian angkat jadi judul merupakan hal yang patut untuk dilakukan penelitian.
8. Susunlah judul kalian, saran saya buat dalam bentuk 3 judul dengan permasalahan yang berbeda sehingga pada saat diusulkan judul apapun yang disetujui dosen pembimbing, kalian menguasai judul tersebut.
9. Selamat membuat judul!!!!!

Comments

  1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Hariyati Dewi Tki Hongkong, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya saya menemukan jalan /solusi melalui Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal. saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Dengan keyakina dan keberania saya ikut bergabung untuk mengikuti Program Pesugihan Dana Gaib Tanpa Tumbal dan memohonkan dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan saya. Cuma dalam waktu 1 hari 1 malam saya mendapat telpon dari pihak Program tersebut, Alhamdulillah dana yang saya mohonkan sudah cair dan sudah dapat saya gunakan untuk melunasi hutang. jika anda ingin seperti saya
    silahkan hubungi
    Ki Witjaksono: 085-2222-31459
    Atau kunjungi website

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    Ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya.

    ReplyDelete

Post a Comment